Rabu, 11 April 2012

postheadericon Torowek dan Trowek


Dalam banyak kasus, antara penulisan dan penyebutan seringkali tidak sesuai. Mungkin bagi saya contoh yang paling kongkrit adalah bahasa inggris. Ketidakjujuran dalam cara membaca yang orang inggris lakukan mungkin menjadi penghambat saya untuk bisa menguasai bahasa internasional ini. 

Tak hanya bahasa inggris, bahasa nasional kita yang banyak menggunakan kata serapan cenderung ikut-ikutan. Saya sempat bingung dengan cara penulisan alphabetic yang diselenggarakan dalam kuis main kata di salah satu stasiun TV miliknya MNC. Dan bukan hanya saya pemirsa di rumah, peserta kuispun tak sedikit yang bingung dan salah dalam penulisan kata. 


Ini menandakan bahwa, sudah lajim terjadi ketidaksesuaian antara penulisan dan pelafalan.

Ini pula yang terjadi dengan kampung saya, Torowek. Dilihat dari cara penulisannya tidak ada huruf O setelah T. dalam berbagai nama-nama resmi yang terdaftar, memang seperti itu. Misal nama SD Trowek, MI DA Trowek, Stasiun Trowek (sekarang stasiun Cirahayu) dan nama tempat yang terpampang di Desa, tercantum kampung Trowek, Bukan Torowek.

Mungkin karena lidah orang di kampung tersebut lebih nyaman mengucapkan Torowek ketimbang harus mengucapkan Trowek. nama Trowek memang agak sedikit asing, dari kata asalnyapun saya sebagai penduduk setempat tidak tahu apa arti dari Trowek itu. Saya sempat bertanya pada sesepuh-sesepuh setempat mengenai ini, tapi jawaban dari mereka tak ada yang masuk di akal. Dan cenderung banyak memplesetkannya.

Meski banyak kekurangannya, baik kekurangan dalam ketidaksesuain antara penyebutan dan penulisan dan kekurangan makna dan arti dari trowek. tapi saya tak merasa malu dengan nama kampung saya ini. Yang bikin saya bangga adalah nama trowek itu exlusif, Tidak ada yang menyamainya. Paling juga saya pernah mendengar nama tempat kalau tidak salah Gorowek. Nama yang nyaris sama.
Entahlah, apakah itu Torowek atau Trowek, yang pasti maksudnya adalah kampung yang sekarang saya tinggali. Tepatnya di Ds. Dirgahayu, Kec. Kadipaten, Kab. Tasikmalaya.
Share

0 komentar:

About Me

Foto Saya
Fahmi Faneja
Fundamental, Sosialis, Sekuler dan Liberal....
Lihat profil lengkapku
FAHMI FANEJA. Diberdayakan oleh Blogger.

Pengikut